Manfaat Air Tebu Untuk Kesehatan Tubuh

manfaat air tebu untuk kesehatan

manfaat air tebu untuk kesehatan

Manfaat air tebu bagi kesehatan sungguh sangat luar biasa, Air tebu menjadi salah satu minuman yang paling banyak ditemukan pada saat musim kemarau. Semua orang suka dengan aroma dan rasa air tebu yang sangat khas. Rasa manis alami bisa sangat menyegarkan dan menjadi pengganti energi tubuh yang hilang saat cuaca panas. Anda bisa meminumnya dengan es atau tanpa es dan semua air tebu memang sangat menyegarkan. Terlebih tanaman tebu memang banyak ditemukan di semua wilayah di Indonesia.

Karakteristik Tanaman Tebu

Tanaman tebu memiliki bentuk seperti batang yang bisa berdiri tegak dengan daun yang memiliki permukaan kasar. Tebu ditutupi oleh lapisan kulit yang sangat keras dengan daging batang yang memilki ruas. Kulit luar sering diselimuti oleh bubuk putih kebiruan yang bisa hilang jika digosok lembut. Batang tebu bisa tumbuh setinggi lebih dari 2 meter dan akan mengeluarkan bunga berwarna putih dan bulu yang sangat banyak. Ruas tebu bisa sangat banyak dan tergantung dari tempat tumbuh tebu. Tebu hampir terlihat seperti tanaman rumput ketika masih muda dan akan memiliki daun coklat kering jika sudah mendekati masa panen.

Nutrisi Air Tebu

Sumber Nutrisi Kadar( 100 gram tebu)
Air 0,2 mg
Protein 0,23 mg
Lemak 0,07 mg
Karbohidrat 27,3 gram
Gula 25,8 gram
Riboflavin 0,17 mg
Niasin 0,3 mg
Asam Pantotenat 0,07 mg
Zat Besi 0,56 mg
Magnesium 2,45 mg
Kalsium 32,56 mg
Fosfor 0,02 mg
Kalium 163 mg
Mangan 0,07 mg
Tembaga 0,05 mg

Dibalik rasanya yang manis dan benar-benar khas, apakah air tebu punya manfaat untuk kesehatan? Tentu saja, air tebu sesungguhnya benar-benar menyehatkan. Air tebu mengandung beraneka tipe bahan yang benar-benar alami dan apalagi Anda tidak perlu mengimbuhkan gula untuk meraih rasa manis. Dibawah ini adalah sebagian manfaat air tebu untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan Pasokan Energi Tubuh

Tebu mengandung sebuah senyawa aktif dan glukosa alami yang dapat menambah daya untuk tubuh. Glukosa dan senyawa elektrolit didalam tebu dapat menambah daya gara-gara mendorong metabolisme didalam tubuh. Selain itu zat gula jadi salah satu penambah daya yang paling besar khususnya sementara musim panas.

  1. Aman untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes sesungguhnya perlu pilih sumber daya atau sumber manis bersama dengan hati-hati. Gula tambahan dan seluruh tipe gula yang memicu takaran gula tinggi pasti benar-benar dilarang. Tapi air berasal dari gula tebu ternyata benar-benar bagus untuk penderita diabetes. Gula alami terhadap air tebu dapat turunkan takaran gula darah gara-gara takaran glikemik gula yang sesungguhnya lebih rendah daripada gula olahan lain.

  1. Melawan Kanker

Tebu adalah tanaman sumber gula yang punya takaran antioksidan yang benar-benar kuat. Antioksidan yang terhitung didalam air tebu dapat bercampur bersama dengan mineral berasal dari sumber makanan lain didalam tubuh. Reaksi ini benar-benar efisien untuk mencegah seluruh tipe kanker dan turunkan efek kanker payudara. Zat fitokimia didalam air tebu terhitung serupa sekali tidak mengakibatkan dampak samping.

  1. Melawan Dehidrasi

Ketika musim kemarau maka potensi untuk terkena dehidrasi sesungguhnya benar-benar kuat. Untuk mencegah seluruh hal ini maka Anda perlu menambah asupan mineral layaknya mineral yang berasal berasal dari air tebu. Air tebu mengandung beraneka tipe mineral tinggi layaknya magnesium, zat besi, mangan, kalium, kalsium dan pasti saja takaran elektrolit alami. konsumsi sementara musim panas tidak hanya dapat melawan rasa haus namun terhitung dapat menambah energi.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal sesungguhnya tidak dapat terhindarkan khususnya kala tubuh tidak meraih daya berasal dari sumber protein. Ternyata air tebu mengandung protein yang dapat menolong ginjal untuk menyaring seluruh cairan terhitung darah dan air. Kandungan zat alkali yang alami didalam gula tebu terhitung dapat mencegah persoalan ginjal. Konsumsi air tebu paling tidak dua kali didalam seminggu udah dapat mengurangi efek penyakit ginjal.

  1. Mencegah Penyakit Infeksi Lambung

Air tebu sesungguhnya mengandung kalium didalam kuantitas yang benar-benar tinggi. Kalium diperlukan oleh tubuh untuk mengendalikan otot dan syaraf serta melindungi keadaan kebugaran sehingga selalu baik. Kalium yang ditemukan terhadap air tebu dapat mencegah beraneka tipe infeksi yang dapat berjalan terhadap lambung. Bahkan dapat menangani sebagian keluhan pencernaan layaknya diare atau sembelit.

  1. Mencegah Kerusakan Gigi

Kandungan mineral yang benar-benar tinggi didalam air tebu benar-benar efisien untuk menangani kerusakan gigi dan bau mulut. Mineral banyak diperlukan oleh gigi untuk memperkuat struktur gigi dan terhitung menambah enzim spesifik yang dapat mencegah bau mulut. Bahkan terkecuali diminum secara tertata maka dapat menambah kebugaran gigi dan memicu gigi jadi lebih putih.

  1. Mengatasi Masalah Kesehatan Kuku

Jika Anda kekurangan nutrisi maka hal pertama yang dapat dicermati adalah terhadap tampilan kuku. Biasanya menandakan awal berasal dari kekurangan nutrisi untuk kuku adalah layaknya kuku yang gampang rapuh, keluar bintik putih dan coklat serta keluar garis lurus terhadap kuku. Untuk menangani hal ini maka Anda dapat memenuhi nutrisi mineral dan sumber lain berasal dari air tebu. Konsumsi air tebu dapat memicu kuku jadi lebih kuat dan tampilan kuku terhitung lebih mengkilap.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Air tebu adalah salah satu nutrisi yang benar-benar lengkap. Air tebu mengimbuhkan sebagian tipe vitamin layaknya vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Selain itu takaran flavonoid dan temuan senya fenolik didalam air tebu benar-benar berkhasiat untuk melindungi tubuh berasal dari sebagian dampak layaknya infeksi dan peradangan. Bahan antioksidan terhitung benar-benar baik untuk mencegah seluruh tipe tumor dan kanker. Jadi secara umum gula tebu dapat menolong melindungi sistem kekebalan tubuh.

  1. Menjaga Kecantikan Kulit

Wanita sepertinya sesungguhnya perlu lebih kerap konsumsi air tebu. Hal ini terbukti berasal dari takaran sebuah senyawa yang ditemukan didalam air tebu yaitu asam alpha yang dapat bekerja untuk mengurangi seluruh dampak penuaan dini, mencegah jerawat, dan melindungi kulit sehingga keluar selalu lembut. Asam glikolat didalam air tebu benar-benar baik untuk melindungi kebugaran kulit muka layaknya mencegah kulit kusam dan berminyak.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s