Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

daun pandan

daun pandan

Kegunaan daun pandan hanya di ketahui oleh beberapa banyak orang sebagai penambah aroma dan rasa pada beraneka model aneka masakan dan juga kue. Namun, tak cuman berasal dari pada itu khasiat daun pandan bagi kebugaran rupanya menjadi rahasia tersendiri dan belum banyak di ketahui oleh khalayak luas.

Pandan atau pandan wangi membawa nama latin Pandanus Amaryllifolius Roxb merupakan bagian genus screwpine asli berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini juga secara abadi membawa cluster semak yang berbentuk layaknya kipas panjang dengan daun yang sempit dan juga membuahkan bau yang kuat dan juga layu.

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwasannya bukan hanya untuk masakan daun pandan juga sangat berkhasiat untuk kebugaran lebih-lebih kecantikan. Hal selanjutnya di karenakan di di didalam daun pandan sendiri terkandung beraneka kandungan yang berfungsi bagi kebugaran layaknya alkaloid, saponin, flavonoida, tanin dan polifenol. Beberapa kegunaan daun pandan bagi tubuh adalah dapat mengatasi tekanan darah tinggi, rematik, kolesterol tinggi, demam, pegal linu dan lainnya. Untuk menyadari kegunaan daun pandan secara keseluruhan, kamu dapat memperhatikan Info selanjutnya ini.

Manfaat daun pandan bagi kebugaran dan langkah mengolahnya

  1. Menurunkan darah tinggi

Bagi kamu yang kini sedang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, kamu dapat coba mengatasinya dengan herbal yang satu ini. Caranyapun sangat sederhana. Ambil beberapa lembar daun pandan wangi, kemudian rebus dengan gunakan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas air. Setelah agak dingin, saring airnya, selanjutnya minum ramuan selanjutnya 2 kali sehari yakni pada pagi dan sore hari.

  1. Mengobati rematik dan asam urat

Meski rematik dan asam urat sering kali menjangkit orang yang sudah berusia lanjut, tapi tidak menutup barangkali penyakit yang satu ini pun dapat di alami oleh remaja maupun dewasa. Adapun langkah mengatasi rematik atau asam urat dengan gunakan daun pandan sendiri dapat di laksanakan dengan mengambil alih 3 lembar daun pandan segar, cuci bersih kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, seduh dengan menggunkan 1/2 cangkir minyak kelapa yang sudah di panaskan pada mulanya sambil di aduk-aduk hingga mereta. Setelah dingin, kamu dapat menggunakannya sebagai obat gosok untuk mengurut bagian tubuh yang sakit akibat rematik atau asam urat.

  1. Mengatasi pegal linu

Jika sepanjang ini kamu mengonsumi beraneka model obat untuk mengatasi pegal linu, kamu kini dapat mengatasinya hanya dengan gunakan daun pandan. Caranya yakni dengan menyiapkan terlebih dahulu 5 lembar daun pandan fresh dan 20 lembar kegunaan daun serai. Setelah di cuci bersih kemudian tubuk hingga halus dan tambahkan 1 sendok minyak kayu putih dan minyak gandapura ke dalamnya. Aduk hingga merata. Dan gunakan ramuan selanjutnya untuk menggosok bagian tubuh yang mengalami pegal linu.

  1. Mengatasi lemah saraf

Daun pandan juga ternyata dapat di gunakan untuk mengatasi lemah saraf. Caranya yakni dengan menyiapkan terlebih dahulu 3 lembar, cuci bersih kemudian di potong-potong. Setelah itu, rebus dengan gunakan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas asaja. Setelah dingin, kamu dapat mengonsumsinya secara tertib 2 kali sekali yakni pada pagi dan sore hari tiap-tiap satu gelas di didalam tiap-tiap minum.

  1. Meningkatkan napsu makan

Jika kamu ataupun anak kamu kini sedang kehilangan napsu makan, kamu dapat coba menaikkan napsu makan kamu kembali dengan gunakan daun panda wangi ini. Caranya yakni ambil 2 lembar daun pandan, cuci bersih dan potong-potong hingga berukuran kecil. Rebus dengan gunakan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya. Saring airnya, dan mengkonsumsi air rebusan daun pandan selanjutnya secara tertib 2 kali di didalam sehari.

  1. Mengatasi lemah syahwat

Jangan pandang sebelah mata khasiat daun pandan yang satu ini. Bagi kamu yang kini sedang mengalami lemah syahwat, kamu dapat gunakan herbal daun pandan ini untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menghaluskan terlebih dahulu 1 genggam daun pandan fresh selanjutnya peras airnya. Setelah itu kemudian campurkan sedikit garam pada air hasil perasan selanjutnya selanjutnya minum satu hari secara tertib sebanyak 1 gelas sepanjang 3 hari berturut-turut.

  1. Mengtasi sembelit

Untuk meramu daun pandan sebagai obat sembelit, kamu dapat menngonsumsi jus daun pandan pada siang dan malam hari. Anda juga dapat sebabkan teh daun pandan untuk mengatasinya. Selain itu, kamu juga dapat meramunya dengan langkah merebus beberapa lembar daun pandan selanjutnya minum selagi hangat.

  1. Mengatasi kram perut

Bagi kamu yang kini sedang mengalami ataupun sering mengalami kram perut,. kamu dapat mengatasinya dengan gunakan daun pandan. Karena di dalamnya terkandung senyawa yang sangat baik untuk kesehatan. Caranya adalah dengan sebabkan teh atau jus.

  1. Menurunkan demam tinggi pada anak

Anda dapat mengatasi demam tinggi pada anak maupun dewasa hanya dengan gunakan daun pandan. Teh daun pandan di sarankan untuk di mengkonsumsi oleh penderita demam. Maka dengan begitu, demam pun dapat turun dengan segera.

  1. Mencegah kanker

Mengopnsuimsi teh daun pandan secara tertib juga nyatanya sangat berkhasiat di didalam mencegah dan menunjang sistem pengobatan kanke. Hal selanjutnya di karenakan di dalamnya terkandung senyawa yang vbisa menghalangi kerja berasal dari zat karsinogen.

  1. Menetralkan racun

Selain berasal dari pada yang sudah di sebutkan sebelumya, teh daun pandan juga sangat baik di mengkonsumsi untuk menetralkan racun dan menghalau semua kotoran yang tersedia di di didalam tubuh.

  1. Obat penenang alami

Seperti yang sudah kita ketahui ebrsama bahwasannya aroma berasal dari daun pandan berbentuk menenangkan. Nah jikalau kamu kini kamu susah tidur, khasiat daun pandan dengan kandungan tanin di dalamnya dapat memberi tambahan dampak ketenangan layaknya pada kegunaan coklat agar dapat menunjang kamu cepat tidur. Caranya pun sangat sederhana. Cukup dengan membasuh 2 lembar daun pandan dan iri-iris sekecil mungkin. Seduh dengan gunakan segelas air hangat dan setelah dingin kamu dapat menyaringnya dan juga mengonsumsinya secara tertib 2 kali sehari.

  1. Mengatasi diabetes

Berbagai kandungan yang membawa daun pandan sangat baik di didalam turunkan dan menjaga kandungan normal gula darah penderita diabetes. Adapun kegunaan daun untuk diabetes dapat kamu dapatkan dengan langkah merebus beberapa lembar daun pandan dengan gunakan 3 gelas air. Setelah tersisa menjadi setengahnya angkat dan saring. Jadikan ramuan selanjutnya menjadi 2x mengkonsumsi pagi dan sore. Konsumsi kegunaan rebusan air daun pandan ini secara tertib hingga kandungan gula darah kamu normal kembali.

Selain untuk kesehata, kegunaan daun pandan untuk rambut dan kecantikan pun tak kalah luar biasanya. Seperti diantaranya sering kali di gunakan untuk menghalau ketombe, menghitamkan rambut dan mengatasi rambut rusak dan rontok. Bahkan tak cuman berasal dari pada itu tetap terkandung khasiat dan kegunaan daun pandan lainnya:

  • Mengharumkan ruangan
  • Pengusir serangga
  • Membungkus makanan
  • Sebagai bumbu masakan
  • Memberima aroma pada masakan
  • Di jadikan kerajinan
  • Di jadikan sebagai peralatan tempat tinggal tangga

Kiranya itulah Info yang dapat kita sampikan pada ksempatan kali ini seputar kegunaan daun pandan bagi kebugaran dan langkah pengolahannya. Semoga apa yang kita sampaikan dapat berfungsi bagi kamu semua. Salam sehat!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s