Manfaat Alang-alang Untuk Obat Tradisional

Khasiat alang alang

Khasiat alang alang

Pada peluang ini kita bakal mengkaji tentang khasiat herbal alang-alang. Tentunya Anda telah tahu tentang tanaman alang-alang. Tanaman alang-alang ini sanggup disebut termasuk bersama dengan ilalang. Meski tanaman ini sesungguhnya tidak asing bagi kebanyakan orang, cuma saja tidak banyak yang tau khasiat herbal alang-alang untuk kesehatan.

Tanaman ini sesungguhnya sesungguhnya demikianlah ringan untuk didapat. Jenis tanaman perdu rumput-rumputan ini biasa tumbuh liar di area persawahan, kebun, ladang, ataupun aspek jalan yang kering dan beroleh sinar matahari cukup. Demikian seringnya tanaman ini tumbuh liar, alang-alang lebih sering diakui sebagai gulma dan dibabat habis semata-mata untuk pakan ternak.

Baca : Khasiat Akar Alang-alang

Namun rupanya berasal dari tanaman ini tersimpan sederet khasiat, sehingga sayang untuk Anda menghilangkan percuma. Khasiat herbal alang-alang telah banyak diketahui oleh para pakar herbal. Sehingga banyak pula yang pakai herbal alang-alang untuk pembuatan obat maupun jamu. Bagian tanaman yang digunakan untuk penyembuhan kebanyakan adalah akar, batang dan bunganya.

Beberapa riset dikembangkan tentang khasiat herbal alang-alang, perdu ini mempunyai takaran zat-zat yang sanggup bermanfaat bagi tubuh. Menurut hasil penelitian tanaman alang-alang mempunyai takaran manitol, glukosa, sakharosa, citric acid, malic acid, cylindrin, fernenol, coixol, arundoin, anemonin, simiarenol, damar, logam alkali, dan asam kersik.

Kandungan diatas menjadikan alang-alang berbentuk menurunkan panas atau sebagai antipiretik , meluruhkan kemih atau kemampuan diuretik, menghentikan pendarahan yang termasuk biasa dikenal bersama dengan kemampuan hemostatik , dan menghalau keluhan tenggorokan kerig. Penelitian yang ditunaikan Jaya Antonius Satrya, Fakultas Farmasi UNAIR akar alang-alang mempunyai paling kuat pengaruh antipiretiknya. Akar alang-alang mempunyai rasa yang manis dan memberikan pengaruh sejuk.

Menurut Profesor Hembing, pakar penyembuhan tradisional dan akupunktur. Khasiat herbal alang-alang sebagai obat untuk bervariasi masalah kesehatan, seperti: batu ginjal , infeksi ginjal, kencing batu, batu empedu, menghilangkan air kecil tidak lancar atau menghilangkan air kecil terus-menerus, air kemih mempunyai takaran darah (kencing darah), prostat, keputihan, batuk rejan, batuk darah, dan mimisan.

Selain itu, khasiat herbal alang-alang untuk menyembuhkan pendarahan terhadap wanita, demam, penyakit campak, radang hati, penyakit hepatitis, hipertensi (tekanan darah tinggi), urat saraf melemah, penyakit asma, radang paru-paru, penyakit jantung koroner, masalah pencernaan, dan diare.

Bagian yang digunakan untuk obat medis adalah akarnya. Saat ini, alang-alang telah sering diteliti secara ilmiah. Dr. Setiawan Dalimartha didalam bukunya, Ramuan Tradisional untuk Pengobatan Hepatitis, menjelaskan bahwa di luar negeri alang-alang telah dibuat obat paten.

Menurut uji klinik, akar alang-alang bersama dengan dosis 250-300 g, 2 kali pagi dan sore sanggup menyembuhkan 27 kasus berasal dari 30 penderita nefritis akut. Pada nefritis kronis, herbal alang-alang sanggup kurangi edema dan menurunkan tekanan darah. Kesadaran masyarakat yang jadi tinggi terhadap obat herbal yang safe dan tidak berefek samping membawa pengaruh keinginan akar tanaman ilalang terus-menerus meningkat.

Cara Mengolah Hebal Alang-Alang

Anda sanggup produksi herbal alang-alang bersama dengan cara layaknya direbus didalam air secukupnya. Sisakan setengah berasal dari air rebusan untuk sesudah itu Anda diamkan sampai berada didalam suhu dingin. Suhu dingin bakal menolong tingkatkan khasiat herbal alang-alang. Kalau sesungguhnya Anda rasa perlu, boleh air rebusan ini Anda campur bersama dengan sedikit gula merah (Gula Jawa), perasan jeruk nipis termasuk bersama dengan sedikit madu.

Pilihan lain didalam pakai khasiat herbal alang-alang adalah bersama dengan pakai akar segar. Anda sanggup mendapatkannya segera berasal dari tanaman segarnya. Biasanya akar fresh ini mempunyai takaran lebih banyak air sehingga memadai bersama dengan Anda tumbuk dulu sesudah itu Anda peras airnya Anda telah beroleh ekstrak alami berasal dari akar alang-alang yang kaya khasiat.

Bila pakai akar alang-alang yang kering sebaiknya akar Anda giling dulu untuk sesudah itu dijadikan bubuk, sebelum saat kala diseduh. Pilihan mengeringkan akar alang-alang di bawah sinar matahari bakal menolong Anda menaruh akar lebih lama.

Untuk mimisan Anda memadai menyita bulir bunga tersebut tangkainya digiling halus dan dibubuhi terhadap luka atau disumbatkan ke hidung untuk menghentikan perdarahan. Anda termasuk sanggup pakai cara mirip untuk luka terbuka, gara-gara pembawaan hemostatiknya memadai efektif.

Selain itu khasiat herbal alang-alang termasuk sanggup digunakan untuk menyembuhkan panas dalam, sariawan, flu, wasir, bengkak gara-gara memar dan menghentikan pendarahan, muntah darah, dan menyembuhkan asam urat .

Kini beberapa merk herbal untuk panas didalam diketahui telah pakai khasiat herbal alang-alang. Memang tidak benar satu manfaat terkuat berasal dari alang-alang adalah untuk menolong menanggulangi panas didalam yang sesungguhnya tentang erat bersama dengan tanda-tanda flu layaknya tenggorokan kering, sariawan, bibir pecah-pecah. Sifatnya astringent bakal menolong menurunkan pengaruh panas yang terlihat diarea tenggorokan dan perut.

Itulah tadi bervariasi khasiat herbal alang-alang yang sanggup digunakan untuk menanggulangi banyak ragam kasus kesehatan. Tak ada salahnya menaruh sedikit akar alang-alang di area tinggal Anda dan Anda sanggup mempraktekan penggunaanya di area tinggal jikalau sedang mempunyai kasus kebugaran layaknya diatas. Supaya sanggup merasakan khasiat herbal alang-alang dan hidup jadi lebih sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s