Khasiat Akar Pinang

khasiat-akar-pinang

khasiat-akar-pinang

Tanaman Pinang (Areca catechu L.) sudah banyak pemanfaatannya oleh masyarakat Indonesia sejak dahulu untuk membuat sembuh sebagian model penyakit secara turun temurun dan tradisional. Pinang merupakan model tumbuhan palma yang hidup di Asia, Pasifik dan juga Afrika Timur. Pinang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia dikarenakan kerap diperdagangkan orang. Nama pinang berbeda-beda terhadap tiap tiap area di Indonesia, andaikan saja jambe untuk area Jawa, pineung untuk area Aceh dan warga Batak Toba menyebutnya bersama pining.

Baca : Jamu Tradisional Khas Jawa

Areca Catechu merupakan nama latin pohon pinang yang punya beberapa ciri hampir mirip bersama pohon kelapa atau pohon palem. Ciri-cirinya, layaknya punya buah yang bercangkang serabut, batangnya setinggi 7 hingga 9 mtr. dan terhitung batangnya tidak punya cabang.

Para ahli sudah laksanakan sebagian penelitian terhadap akar pinang. Didapati bahwa dalam akar pinang terkandung senyawa kimia yang berfungsi bagi kesehatan. Jika bakal dimanfaatkan untuk bagian dalam, sebaiknya akar pinang selanjutnya direbus dahulu sehingga tidak mengakibatkan dampak samping. Khasiat akar pinang yang kerap menjadi buah bibir orang-orang adalah salah satu tanaman yang dapat tingkatkan stamina pria.

Akar pinang dari model pinang itam, dahulu sementara digunakan untuk racun dan terhitung senjata bersama tujuan untuk menyingkirkan musuh. Pelepah daun pinang yang bebentuk layaknya tabung dikenal bersama sebutan upih dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus kue-kue ataupun makanan. Umbutnya digunakan sebagai lalapan ataupun bahan olahan untuk acar. Batang tanaman ini dapat diperjual belikan, khususnya kota-kota besar di pulau Jawa dan sementara menjelang Proklamasi kemerdekaan dapat dijadikan sebagai bahan dalam perlombaaan panjat pinang. Walaupun tidak seawet kayu-kayu lainnya, batang pinang dapat dimanfaatkan sebagai perkakas dan terhitung pagar. Batang pinang tua yang sudah dibelah dan dibuang bagian tengahnya dimanfaatkan sebagai saluran air. Tanaman ini terhitung biasa dijadikan hiasan atau ornament dalam maupun di luar ruangan. Banyak khasiat akar pinang dan juga bagian tumbuhan pinang lainnya, sehingga tanaman ini amat multifungsi untuk kesibukan dan terhitung untuk keperluan manusia.

Apa saja khasiat akar pinang ? Berikut merupakan sebagian contohnya.

  • Dapat membuat sembuh sakit pinggang

Pada umumya masyarakat di pedesaan menggunakan pinang sebagai obat untuk sakit pinggang ataupun pegal-pegal bersama langkah mengambil sebagian suing akarnya yang dikeringkan dahulu (dijemur di bawah terik matahari). Kemudian akar pinang direbus yang ditambahkan bersama buah pinang ataupun bersama ramuan lainnya. Jika sudah mendidih, angkat kemudian diminum sementara hangat sebagai jamu.

  • Dapat membuat sembuh difteri

Khasiat akar pinang terhitung dapat membuat sembuh berbagai macam penyakit layaknya difteri. Difteri adalah penyakit yang disebabkan terjangkitnya bakteri. Caranya, akar pinang yang sudah dikeringkan direbus bersama 2 gelas air. Kemudian tambahkan 1 sdm madu dan aduk hingga rata. Minumlah secara teratur untuk membuat sembuh difteri.

  • Dapat menyingkirkan kudis

Kita dapat menggunakan obat yang berbahan alamiah, layaknya akar pinang untuk mrngobati kudis. Sebagai obat kudis, akar pinang dapat digunkan bersama langkah dihaluskan kemudian dikeringkan. Campur bersama ¼ sdt kapur sirih dan juga air secukupnya. Saat berbentuk pasta, oles terhadap bagian tubuh yang terkandung kudis.

  • Dapat tingkatkan gairah

Khasiat akar pinang bagi pria, yakni untuk tingkatkan gairah. Karena ada persentase arkeolin terhadap akar pinang. Cara penggunannya, yakni bersama merebus akar pinang menggunakan dua gelas air putih hingga tersisa setengahnya. Kemudian, saring dan minum air tersebut. Reaksinya bakal jadi sehabis 2 jam mengkonsumsi ramuan akar pinang tersebut.

  • Dapat mengecilkan rahim

Ternyata tidak cuman biji dari buah pinang yang dapat digunakan seorang wanita sebagai ramuan untuk mengecilkan rahim pasca melahirkan. Akar pinang terhitung dapat digunakan sebagai ramuan tersebut. Dengan cara, akar pinang yang sudah dikeringkan direbus bersama 2 gelas air hingga sisanya segelas. Setelah itu disaring dan minum air selanjutnya hingga rahim kembali normal.

Menarikkan pembahasan tentang khasiat akar pinang ? Hanya bersama akarnya saja, kami memperoleh kebugaran secara natural. Akar pinang yang tidak terkira punya fungsi ternyata justru menaruh banyak fungsi bagi kebugaran dan lebih-lebih membuat sembuh sebagian penyakit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s