Daun Krisan Untuk Penyakit Jantung

Teh krisan (chrysanthemum tea) adalah minuman herbal yang terbuat dari bunga krisan (chrysanthemum). Manfaat teh krisan bagi kesehatan diketahui pertama kali oleh orang Cina. Teh krisan dibuat dengan menyeduh daun segar atau bunga seruni (chrysanthemum), yang banyak ditemukan di dataran Cina. Bunga krisan sebenarnya adalah tanaman hias, yang juga disebut bunga emas. Krisan memiliki beberapa variasi warna seperti kuning, ungu dan pink. Bunga seruni masih satu kerabat dengan bunga daisy dan aster, yang tergolong ke dalam famili Asteraceae.

MANFAAT DAUN KRISAN

Teh krisan dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit ringan seperti batuk, influenza, gejala sinusitis, pusing, mata berair, dan jerawat. Teh herbal ini juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol darah, mengurangi gejala radang hati, membersihkan liver, dan membantu dalam penyembuhan jantung koroner.

  1. Menyehatkan Jantung
    Teh herbal ini berguna untuk mencegah penyumbatan pada arteri jantung (aterosklerosis).
  2. Meningkatkan Kewaspadaan Sifat stimulan pada teh krisan baik untuk menjaga kesehatan otak dan saraf, sehingga tetap waspada.
  3. Baik untuk kesehatan paru-paru
    Teh bunga krisan mampu melindungi paru-paru dan mencegah gangguan pernafasan seperti sesak napas.
  4. Melancarkan aliran darah Pengobatan herbal ala barat sering menggunakan teh krisan untuk mengatasi varises, akibat aliran darah yang terganggu.
  5. Menjaga Fungsi mata Minum teh krisan dengan rutin bermanfaat untuk mencegah kemerahan pada mata, penglihatan yang kabur, mata kering dan gatal. Mengkonsumsi minuman sehat ini dengan rutin juga berguna untuk menjaga pendengaran.
  6. Meredakan Stres Teh krisan tidak memiliki unsur kafein, sehingga tidak menimbulkan efek samping seperti cemas, gugup, dan lekas marah.
  7. Meredakan Pilek dan Flu Teh krisan mampu mengobati pilek dan nyeri akibat sinusitis, disebabkan antioksidan di dalamnya termasuk vitamin C. Teh ini juga memiliki sifat antivirus yang kuat, yang efektif dalam menyembuhkan flu.
  8. Melawan Infeksi Bakteri Teh krisan efektif dalam melawan bakteri jahat seperti dermatomikosis, streptococcus haemolyticus B, shigella dysenteriae, pseudomonas aeruginosa, dan staphylococcus aureus. Bunga krisan juga memiliki antispirochete, sehingga dapat mengobati penyakit Lyme dan Sifilis.
  9. Mengatasi Demam Minuman ini memiliki sifat pendingin yang mamu mengontrol suhu tubuh saat demam ataupun panas.
  10. Menetralisir racun dalam hati Teh krisan efektif dalam mengeluarkan racun dari hati dan mengurangi kadar kolesterol darah.

KANDUNGAN DAUN KRISAN

  • Teh krisan memiliki kandungan tinggi β-karoten yang umum terdapat dalam herbal dan buah-buahan berwarna kuning dan oranye.
  • Sebentuk dari vitamin A ini selain mampu meringankan penyakit kulit juga penting menjaga kesehatan mata serta mencegah kebutaan.
  • Teh krisan kaya dengan berbagai vitamin B seperti kolin yang membantu metabolisme lemak, folacin yang berfungsi mendorong perkembangan dan replikasi sel, niacin yang sangat diperlukan oleh sistem saraf dan saluran pencernaan, serta riboflavin yang mencegah pertumbuhan struktural abnormal.
  • Minuman herbal ini mengandung vitamin C yang tidak hanya mencegah penyakit kulit, tetapi juga bertindak sebagai perisai terhadap penyakit mata dan flu biasa.
  • Teh krisan juga penuh dengan berbagai mineral seperti kalsium (untuk tulang dan gigi), besi (untuk transportasi oksigen oleh darah), magnesium (untuk kinerja hampir 300 operasi tubuh yang berbeda) dan kalium (untuk fungsi kardiovaskular yang sehat dan regulasi tekanan darah).
  • Teh ini juga mengandung glikosida, adenin dan berbagai varian asam amino.

CARA PENGOLAHAN DAUN KRISAN

Bahan

  • 50 gram bunga krisan kering
  • 500 ml air
  • 1-3 sendok makan madu, gula atau pemanis buatan

Cara Membuat

  • Tuang air, bunga krisan, dan madu dalam panci.
  • Didihkan air hingga setengahnya.
  • Angkat campuran dari panci dan tuangkan dalam cangkir.
  • Minum setelah dingin.
  • Anda juga dapat menambahkan sejumput jahe sesuai dengan selera Anda.

Efek Samping

Teh krisan memiliki banyak manfaat sekaligus aman jika dikonsumsi dalam proporsi moderat.

Namun, sebagian orang mungkin mengalami reaksi negatif terhadap bunga krisan, seperti iritasi kulit, ruam atau masalah perut.

Hindari minum teh ini selama kehamilan sebagaimana kebanyakan teh herbal dilarang untuk wanita hamil.

Jika sedang mengkonsumsi obat tertentu, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari kemungkinan munculnya efek samping. Manfaat bunga krisan memang cukup fenomenal, sehingga banyak orang mulai berusaha untuk mendapatkannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s