Buah Apel

Buah Apel merupkan buah yang tidak asing lagi bagi masayarakat kita. Buah ini bahkan dapat kita jumpai hampir di setiap wilayah di indonesia. Disamping rasanya yang lezat ternyata buah apel sendiri menyimpan kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah apel per 100 gram:

  • Kalori (kal) : 58g
  • Protein : 03g
  • Lemak : 04g
  • Air : 84,1g
  • Vitamin A : 90g
  • Vitamin C : 5g
  • Zat Besi : 0,3g
  • Kalsium : 6g

Manfaat Buah Apel

Buah Apel Untuk Mengobati Diabetes Mellitus

Ambil 2 biji buah apel yang masih segar, Potong pakai pisau menjadi beberapa bagian kemuadian rebus dengan air bersih sebanyak 3-4 gelas yang berukuran sedang, tunggu beberapa menit kira2 30-45 menit sampai air rebusan tersisa menjadi dua gelas, dan tiriskan lalu minum satu gelas sampai habis, di anjurkan minum 2 gelas dalam sehari secra rutin di wktu  pagi-pagi dan malam menjelang mau tidur.

Buah Apel dapat menyembuhkan Diare

Cari buah apel yang setengah mateng atau belum begitu matang dan makan beberapa biji 2-3 biji saja dalam sehari. Di anjurkan setiap sakit diarenya kambuh langsung makan buah apel minimal 1 biji dan minum air putih yang banyak untuk mengganti cairan di tubuh yang keluar dan supaya terhidar dari dehidrasi.

Buah Apel Berkhasiat Menurunkn Kolesterol

Karena buah Apel kaya akan serat larut yang berfungsi bersaingan sama lemak di dalam usus. Kedua nutrisi yang terkandung di dalam buah apel yang saling bersaing tersebut akan berakibat sangat baik bagi penurunan penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein) atau dalam bahasa awamnya kadar kolesterol jahat serta melebihkan produksi penyerapan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau sering di sebut kolesterol baik yang diperlukan oleh tubuh manusia. Dengan demikian kesimpulannya dengan kita mengkonsumsi apel setiap hari sangat baik sekali bagi orang yang mempunyai kolesterol tinggi, karena buah apel mampu menurunkan kolesterol jahat dan secara tidak langsung akan bertambahnya kolesterol baik di dalam tubuh.

Menghilangkan Kantung Mata

Untuk menghilangkan kantung mata dengan buah apel Dengan cara ambil 1 biji buah apel cuci dengan bersih kemudian Iris tipis dan tempelkan diatas kedua mata anda sampai menutupi kelopak mata anda. Atau, untuk hasil yang maksimal Anda tambahkan 4 sendok teh sari apek dengan parutan kentang, cara penggunaan sari apek dan parutan kentang ini sebelum anda tempelkan di mata beri alas kain tipis terlebih dahulu yang sudah di basahi air hangat dan biarkan beberapa menit kira2 15-25 menitan sebelum anda tidur.

Mengtasi Kulit Berjerawat, Kendur dan Berminyak

Dengan cara sediakan 2 buah apel segar kemudian blender sampai halus seperti bubur kemudian tambahkan 1 sendok cuka sari dan maskerkan pada wajah secara merata, diamkan beberapa menit sampai mengering lalu cuci sampai bersih.

Melindungi Kulit Kepala dan Rambut Agar Tetap Sehat

Cara merawat rambut dengan Buah apel sebagai berikut sediakan beberapa buah apel 5-7 buah apel sekiranya cukup untuk rambut anda 2 sendok teh cuka apel, 1 sendok teh jus lemon atau jeruk nipis, 1 sendok teh tepung jagung. Kemudian potong dengan pisau apel menjadi beberapa bagian, perut sampai halus atau anda bisa membelendernya, lalu masukan cuka apel dan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis, terakhir masukan tepung jagung lalu aduk hingga merata. Setelah ramuan selesai di buat usapkan pada rambut sampai merata dan tutu pakai penutup kepala dan diamkan beberapa menit kira2 30 menitan. Bilas dengan air hangat sampai bersih. Di anjurkan lakukan seminggu 1-2 kali.

Cara Pengolahan Buah Apel

Apel panggang dengan es krim

Apel bisa juga dimasak dengan cara dipanggang loh. Bahkan cara membuatnya sangat mudah. Untuk menambah cita rasa apel panggang, Anda bisa padankan apel ini dengan es krim. Rasanya luar biasa.

Apel karamel Sangria

Siapa yang tidak suka sangria? Ini merupakan minuman terbaik untuk pesta. Sangria adalah minuman khas spanyol yang mendunia. Dibuat dengan bahan utama wine dan campuran berbagai buah-buahan seperti jeruk, apel, lemon, dan sebagainya. Sangria sangat cocok dijadikan teman pengusir dahaga. Rasa segar dari wine akan bercampur rasa asam dan manis buah-buahan, yang apabila bersatu dalam mulut, akan menghasilkan rasa segar dan enak. Sajikan sangria yang berpadu dengan apel dan karamel. Tentu rasanya akan semakin nikmat.

Oatmeal apel

Oatmel apel dengan kayumanis adalah salah satu makanan yang nikmat. Masaklah dalam slow cooker. Dengan slow cooker, Anda bisa memasak sementara Anda tidur dan Anda akan bangun ketika sudah matang. Anda bisa langsung memakannya. Atau sisakan untuk pagi hari.

Sandwich isi salad ayam, apel dan yogurt

Apel adalah bahan makanan utama yang bisa dijadikan tambahan dalam salad ayam. Masukkan salad ayam dan apel ini kedalam sandwich untuk bekal makan siang. Ini adalah menu dari Yunani. Dijamin Anda akan mengonsumsinya setiap hari.

Apel kalengan

Gunakan apel yang banyak untuk membuat saus apel, mentega apel atau selai apel. Setelah jadi simpan didalam kaleng. Ini akan menjadi stok makanan Anda sepanjang musim dingin.

Jus apel mungkin sudah menjadi pilihan minuman sehat, yang lebih banyak menyediakan nutrisi dan vitamin. Namun hal itu juga telah menimbulkan banyak kekhawatiran tentang adanya efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan minuman ini. Jus apel kemasan tak mungkin dibuat murni tanpa bahan tambahan lainnya, dan yang pasti gula tambahan dan bahan pengawet yang diikutsertakan didalamnya. Bahkan biasa jadi, aroma apel yang dihasilkan sepenuhnya adalah senyawa fermentasi atau zat perasa. Bahkan, jus apel yang diklaim 100% murni pun tak bisa menjamin jika bebas dari efek samping.

Efek samping jus apel bagi kesehatan

Menyebabkan diare

Apel dan jus apel mengandung sorbitol, yaitu gula alami yang sulit dicerna. Jus apel kemungkinan juga mengandung pemanis buatan sorbitol kimia. Ketidakmampuan usus untuk menyerap senyawa ini bisa menyebabkan masalah diare. Bahkan hanya sedikit saja minum jus apel dapat menyebabkan diare jika memiliki kepekaan terhadap sorbitol.

Menyebabkan sembelit

Jus apel tidak mengandung banyak serat, yaitu hanya menyediakan 0,5 g . Kombinasi antara kandungan gula alami dan pemanis buatan dalam jus apel mungkin bisa menyebabkan konstipasi jika minum dalam jumlah banyak. Makan-makanan yang tinggi gula dapat memicu sembelit, sementara serat membantu mengurangi risiko sembelit. Makan buah apel akan lebih banyak memberikan serat, daripada jus apel walaupun tanpa pemanis.

Masalah perut Kembung

Seperti halnya dengan diare, minum – minuman yang kaya sorbitol seperti jus apel juga dapat memicu gas – yang dapat membuat perut kembung. Walaupun pada umumnya bukan masalah yang berbahaya, namun biasanya efek samping ini sangat menjengkelkan . Jika Anda bereaksi terhadap sorbitol , minum jus ini mungkin bukan menjadi pilihan yang baik untuk Anda.

Batu Ginjal

Jangan minum jus apel jika Anda cenderung mengembangkan batu ginjal. Hal ini jus apel mengandung oksalat, yang dapat memicu pembentukan batu kalsium oksalat. Bukti yang diterbitkan “American Journal of Epidemiology” pada edisi Februari 1996 dari menunjukkan, bahwa peserta studi yang mengonsumsi 240 ml jus apel setiap hari menunjukkan peningkatan risiko pembentukan batu ginjal hingga 35%. Berkonsultasilah dengan ahli gizi atau untuk membicarakan hubungan antara konsumsi jus apel dan batu ginjal.

Mengandung arsen

Arsenik adalah senyawa kimia yang bersifat karsinogen pada tubuh manusia. Consumer Reports menguji 88 sampel jus apel dan jus anggur dari New York, New Jersey dan Connecticut,  dan menemukan bahwa 10 persen dari sampel mengandung jumlah kadar arsenik yang melebihi standar air minum federal 10 bagian per miliar (PPB) . Kadar arsenik dalam jus apel berkisar ntara 1,1-13,9 ppb , sementara pada jus anggur lebih tinggi –  yaitu 5,9-24,7 ppb. Paparan arsenik yang kronis pada awalnya bisa menyebabkan masalah pencernaan dan perubahan warna kulit . Paparan dalam jangka panjang,  lima sampai 20 tahun menurut Organisasi Kesehatan Dunia(WHO)  bisa meningkatkan risiko berbagai jenis kanker dan tekanan darah tinggi, diabetes, dan masalah reproduksi.

Apel merupakan salah satu buah yang sering kita jumpai di pasar. Merupakan salah satu buah favorit saya, dikarenakan harganya tidak terlalu mahal dan mudah didapat. Selain rasanya yang enak, buah yang satu ini juga banyak fek positifnya bagi tubuh. Mari kita simak efek positif dan negatif buah apel bagi tubuh kita.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s