Manfaat Beras Ketan Hitam

Beras ketan hitam ternyata memiliki segudang manfaat/khasiat untuk kesehatan. Berdasarkan literatur kesehatan menyatakan bahwa jenis beras ketan hitam adalah beras yang paling baik untuk dikonsumsi, karena berdasarkan penelitian medis menyatakan bahwa ketan hitam memiliki khasiat kesehatan. Warna hitam pada ketan hitam menandakan adanya kandungan antosianin yang melimpah. Antosianin sendiri dianggap sebagai antioksidan yangbisa menangkal radikal bebas. Sehingga banyak yang percaya ketan hitam baik untuk menjaga kesehatan ginjal, lambung, dan hati. Selain mengandung antioksidan,ketan hitam juga kaya akan serat, vitamin E, dan zat besi.

Kandungan Beras Ketan Hitam

Kandungan Nutrisi Beras Ketan Hitam per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
energi 356 kkal
protein 7 gr
lemak 0,7 gr
karbohidrat 78 gr
kalsium 10 mg
fosfor 148 mg
Zat besi 1 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,2 mg
Vitamin C 0 mg

 

Kandungan Nutrisi Beras Ketan Hitam Kukus per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
energi 181 kkal
protein 4 gr
lemak 1,2 gr
karbohidrat 37,3 gr
kalsium 9 mg
fosfor 144 mg
Zat besi 1,7 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,06 mg
Vitamin C 0 mg

 

Kandungan Nutrisi Beras Ketan Hitam Tumbuk per 100 gram

Kandungan Nutrisi Jumlah
Energi 360 kkal
Protein 8 gr
Lemak 2,3 gr
karbohidrat 74,5 gr
Kalsium 10 mg
Fosfor 347 mg
Zat besi 6,2 mg
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,24 mg
Vitamin C 0 mg


Manfaat Beras Ketan Hitam

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Khasiat ini tidak serta merta bisa mengobati anda dari sakit, perlu diingat ketan hitam ini bukanlah obat. Ketan Hitam dapat membantu menjaga daya tahan tubuh apalagi disaat musim hujan seperti sekarang. Jadi mengkonsumsi lebih banyak ketan hitam akan membuat anda memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Ketan Hitam Mampu Mencegah Diabetes

Karena mempunyai sifat anti-inflamasi dan kaya antioksidan maka untuk konsumsi jangka panjang akan berguna untuk mencegah Alzheimer dan diabetes.

Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

Pekatnya ketan hitam mampu menggantikan sel kulit mati dengan sel kulit baru yang lebih halus dan lembut, juga mengandung antioksidan, mengandung pelembab alami, serta dapat mendinginkan kulit.

Memperbaiki Kerusakan Sel Hati

Hati adalah organ penting bagi tubuh kita dan memiliki tugas yang berat menetralisir racun di dalam tubuh. Peranan hati yang vital dalam tubuh harus diimbangi dengan nutrisi yang tepat sehingga bisa meminimalisir resiko kerusakan hati. Ketan hitam memiliki kandungan yang mampu memperbaiki kerusakan hati seperti hepatitis dan chirosis/pengerasan hati.

Mencegah Kanker dan Tumor

Kanker/tumor adalah pertumbuhan sel yang tak terkendali. Kanker atau tumor adalah penyakit yang sangat mematikan dan hingga kini belum ada obat yang 100% bisa mengobati kanker/tumor. Untuk itu mulai sekarang mari kita berusaha untuk mencegahnya. Nah, di dalam ketan hitam memiliki zat yang mampu menjaga tubuh kita dari serangan kanker. Maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi ketan hitam sedari dini.

Mencegah Anemia

Pada ketan hitam terdapat zat besi yang tinggi hingga 15,52 ppm. Dengan beitu Anda tak mudah lesu dan tetap bugar karena terhindar dari anemia setelah terpenuhinya zat besi.

Memperlambat Penuaan

Ketan hitam mampu memperlambat penuaan sehingga anda selalu tampil awet muda karena di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

Membersihkan Kolestrol dalam Darah

Bagi anda yang yang suka makan makanan berlemak atau berminyak tentu membuat kadar kolestrol darah meningkat. Oleh karena itu rajinlah mengkonsumsi beras hitam, karena kandungan zat yang ada di dalam ketan hitam mampu menetralisir kolestrol dalam darah.

Menyuburkan Rambut

Berdasarkan penelitian medis ternyata ketan hitam mampu menyuburkan rambut. Nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut diserap melalui akar rambut yang diperoleh dari nutrisi makanan yang kita makan. Kandungan yang ada di dalam ketan hitam mampu menyuburkan rambut kita.

Membuat Otot Tubuh Menjadi Padat

Pengen memiliki otot dan tubuh yang padat seperti binaragawan? Penuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh supaya tubuh senantiasa sehat dan sel-selnya berkembang dengan baik. Konon ketan hitam mampu membuat otot tubuh menjadi padat sehingga tubuh terlihat atletis.

 

Cara Pengolahan Beras Ketan Hitam

  • Konsumsi AIR TAJIN, ambil 2-3 sendok beras HITAM
  • masukkan ke dalam air mendidih 2-3 gelas
  • tunggu kurang lebih 10 menit ( sebelum beras PECAH )
  • ambil airnya
  • diminum pagi, siang atau malam
  • Sisa NASI bisa dicampurkan dengan beras PUTIH, dari pada dibuang.

Cocok untuk orang yang tidak bisa KONSUMSI NASI atau makanan KERAS.

  • Konsumsi NASI BERAS HITAM
  • dimasak seperti memasak beras PUTIH
  • Biasanya orang yang belum pernah konsumsi beras HITAM, sulit membedakan KETAN HITAM dan BERAS HITAM, karena kita akrabnya dengan KETAN HITAM.
  • Dicampur dengan BERAS PUTIH atau BERAS MERAH ndengan perbandingan 1 beras HITAM : 3 Beras PUTIH
  • beras HITAM : beras MERAH : beras PUTIH ( 1 : 2 : 3 ).
  • Cocok untuk dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga KESEHATAN.

Cara Pengolahan Ketan Hitam Untuk Diabetes

  • Cuci secukupnya beras KETAN HITAM (bukan beras hitam) supaya bersih.
  • Masukkan 2-3 sendok beras ketan hitam ke dalam gelas belimbing
  • Seduh dengan air panas hingga gelas penuh dan tutup gelas, biarkan sampai dingin (sekitar 1 jam lebih)
  • Air seduhan beras ketan hitam diminum 3x sehari, pagi, siang, dan malam sebelum makan
  • Ampas ketan hitam biarkan tetap berada di dalam gelas, bisa digunakan untuk seduhan berikutnya sebanyak 2x. Jadi untuk hari berikutnya baru diganti dengan beras ketan hitam yang baru, sesuai takaran pada nomor 1.
  • Sebaiknya seduhan beras ketan hitam diminum pada pukul 8 pagi, jam 12 siang, dan jam 4 sore.
  • Sebelum meminum seduhan ketan hitam, lebih baik cek kadar gula darah terlebih dahulu
  • Setelah kadar gula darah normal, maka konsumsi seduhan ketan hitam tetap dilanjutkan 2x dalam seminggu untuk menjaga gula darah tetap normal dan stabil.

Sekarang banyak produk herbal yang sudah teruji manfaatnya di masyarakat, sehingga banyak masyarakat yang mengkonsumsi obat herbal untuk kesehatannya. Menjaga kesehatan memang sangat penting dan harus memeliharanya dengan baik.

Tinggalkan komentar